Senin, 14 September 2009

Cintailah Open Source !

Kehidupan ini emmang penuh pengorbanan. Tentu saja didunia ini ada yang bilang " Mana ada sesuatu yang gratis". Memang kalau dipikir-pikir ada benarnya juga. Di setiap tempat yang kita kunjungi pun selalui tidak gratis. Ada teman yang bilang buang air kecil aja sampai bayar.

Nah kira-kira gambaran diatas tadi itu menggambarkan bahwa di dunia ini penuh dengan komersialisme. Tetapi jangan terlalu berkecil hati dahulu. Dibalik itu semua ternyata masih ada beberapa orang (kalau boleh dibilang beberapa kelompok orang) yang ingin berbagi kepada sesama tanpa berpikiran komersial. Saya harus berikan tepuk tangan dan rasa bangga atas sikap seperti itu.

Di dunia komputer kita telah banyak mendapatkan program "gratisan". Gratisan disini bukan berarti gratisan yang kita dapatkan dari membajak. Taukah anda kalau membajak itu bukanlah suatu pilihan bijak dalam kehidupan. Masih banyak yang menawarkan program open source yang bisa di download gratis dan legal.

Banggakah anda bisa menyumbang ide dan kemampuan anda untuk pengembangan open source?

Ya, berikan cinta anda kepada aplikasi yang tidak matre dan benar-benar legal. Dari segi kualitas bahkan banyak yang lebih baik dari aplikasi-aplikasi komersial. Tunjukkan apresiasi anda dan hargailah open source dengan mulai menggunakannya secara bijak dan cermat.

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Tidak ada komentar: