Senin, 14 September 2009

Solusi Open Source untuk Adobe Flash

Sering kita dikagetkan dengan biaya atau harga software original yang menggila. Banyak yang memiliki maksud hati ingin berbuat baik dengan tidak membajak tetapi harga yang ditawarkan sangat diluar jangkauan kemampuan. Fenomena ini sebenarnya tidak perlu terjadi apabila kita tidak memiliki ketergantungan terhadap suatu produk. Kali ini saya akan mencari solusi pengganti untuk produk Adobe Flash.

Seperti yang kita ketahui, aplikasi flash cukup banyak memberikan nuansa indah di halaman-halaman web internet dengan media dan animasinya yang memukau. Developer di dunia khususnya di Indonesia masih mengalami ketergantungan di dalam membuat aplikasi berbasis flash ini. Mereka 99% masih menggunkan software Adobe Flash. 

Cukup disayangkan, padahal kalau kita bisa melihat lagi ternyata ada produk yang tidak kalah hebatnya dengan Adobe Flash. yaitu OpenLaszlo.

 OpenLaszlo ini adalah sebuah platform open source yang berbasis AJAX.  Saya akui OpenLaszlo benar-benar bisa memudahkan kita dalam membuat aplikasi flash. Mengapa saya bilang bisa memudahkan kita membuat aplikasi flash? Hal ini karena:

  • Kita bisa meng-coding  aplikasi flash kita menggunakan XML code dengan style khas dari Laszlo dan setelah kita melakukan  compile kode tersebut, maka akan dihasilkan output berupa .swf. Output .swf ini bisa digunakan di dalam aplikasi web yang kita inginkan.
  • Belajar menggunakannya tidak terlalu sulit karena sudah dilengkapi dengan berbagai dokumentasi.
  • Hasilnya benar-benar mengagumkan

Untuk lebih menarik minat anda, saya akan mencoba memberikan sedikit preview dan contoh-contoh aplikasi hasil dari OpenLaszlo. LZPix yang merupakan demo aplikasi dari website resmi OpenLaszlo.

Oh ya, satu lagi yang mungkin kelupaan dan belum saya singgung adalah. Kabar bagusnya adalah anda tidak hanya dapat membuat aplikasi flash saja, tetapi dengan software open source ini anda dapat membuat aplikasi DHTML. Hebat bukan? saya sudah tidak sabar ingin mengetahui lebih lanjut bagimana kehebatan dan mudahnya coding menggunakan OpenLaszlo. 

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009.

Tidak ada komentar: