Rabu, 23 September 2009

Indahnya Jalan Bersama Open Source


Ada banyak pilihan jalan untuk menuju suatu tujuan. Taukah anda jalan yang mengunakan open source jauh lebih indah? Inilah bebrapa keindahan bersama open source. Jalan anda tak lagi berbelit-belit. Jalan bersama open source merupakan jalan lurus yang aman dan nyaman.  
Berikut adalah beberapa keindahan jalan bersama open source yang diuraikan dalam berbagai pokok untuk menunjukkan beberapa perbedaan warna jalan open source dibanding dengan jalan lainnya.



Penghematan untuk Biaya Awal yang Anda Keluarkan

Tanpa perlu diragukan lagi, sistem open source lebih murah daripada sistem lainnya yang telah anda kenal sebelumnya. Sistem lainya bisa dipastikan memiliki biaya awal. Meskipun sistem operasi open source yang dikenal sebagai Linux itu gratis, kita tidak menutup mata kalau ada biaya yang jumlahnya sangat kecil dan sangat terjangkau untuk sistem open source ini. Tetapi biaya-biaya tersebut merupakan biaya untuk nilai tambah atau value-added service yang telah membuat Linux mudah diinstal dan mudah digunakan. Biaya awal untuk Linux sangatlah rendah. Ada banyak aplikasi perangkat lunak open source yang gratis atau ada yang dijual dengan biaya rendah namum memiliki kualitas yang sama - dan bahkan dalam banyak kasus dapat melebihi kualitas aplikasi perangkat lunak komersial atau yang lebih dikenal dengan sebutan perangkat lunak berpemilik. Istilah sistem berpemilik disini saya tujukan untuk semua sistem operasi atau perangkat lunak komersial (biasa dikenal dengan sebutan shareware)

Pemeliharaan

Perangkat lunak open source termasuk sistem operasi nya seringkali dapat lebih mudah untuk dipelihara (maintain) dan mampu untuk beroperaasi dalam jangka waktu yang relatif panjang daripada perangkat lunak atau sistem operasi berbayar lainnya. Misalnya dengan perangkat lunak open source seperti Mozilla Firefox sebagai web browser, seringkali kita diingatkan dan diberitahu untuk men-download pembaruan/upgrade. Pengingat ini sangat mudah dipahami oleh kita sebagai pengguna karena dilengkapi dengan instruksi yang jelas dan user friendly. Ketika Anda berikutnya online, pembaruan telah terinstall dan beroperasi. Benar-benar aman dan nyaman.

Jenis perangkat lunak open source, seperti OpenOffice.org, sangat stabil dan fungsional untuk jangka waktu yang lama, dan tidak perlu untuk sering diupdate. Sistem operasi open source juga dapat berjalan secara stabil, kokoh, dan terus-menerus untuk waktu lama tanpa menyebabkan crash atau menyebabkan masalah, karena itulah hanya diperlukan sedikit pemeliharaan.

Akhirnya, untuk masalah keamanan dan maintenance seperti adanya kelemahan keamanan yang sering ditemukan pada sistem operasi windows dan perangkat lunaknya, sehingga perlu sering mendownload patch untuk pemeliharaan sistem ini. Perangkat lunak open source dan sistem operasinya pada dasarnya lebih aman. Anda mungkin tidak perlu terlalu sering untuk men-download patch. Hal ini disebabkan karakteristik open source yang mengandung jauh lebih sedikit kelemahan dalam segi security / keamanan

Pelatihan

Pelatihan ini mungkin hanya sedikit diperlukan atau bahkan tidak diperlukan sama sekali. Kalau dibandingkan dengan sistem operasi ataupun perangkat lunak berpemilik/berbayar bisa diperkirakan mungkin tidak ada uang tersisa untuk pelatihan karena uang habis untuk beberapa upgrade yang harganya relatif mahal. Banyak orang telah menggunakan sistem berpemilik selama bertahun-tahun, namun mereka masih belum mendapatkan efisiensi dan kemampuan yang benar-benar memadai. Hal ini disebabkan karena setelah menghabiskan uang dalam jumlah banyak untuk meng-upgrade sistem berpemilik, mereka benar-benar hampir tidak mendapatkan pelatihan. Mungkin sering kita lihat kalau sistem open source menyediakan pelatihan yang berbayar yang sering dianalogikan sebagai "biaya tersembunyi" dari open source, padahal sebenarnya tidak adanya pelatihan yang lengkap pada sistem berpemilik inilah yang harus disebut sebagai biaya tersembunyi. Sebagai contoh, apabila anda membeli Microsoft Office, anda tidak akan mendapatkan pelatihan apapun meski anda sudah mengeluarkan uang yang banyak untuk membelinya. Lain halnya dengan open source yang lebih logis, ibaratnya uang yang sedikit anda keluarkan digunakan untuk pelatihan sehingga anda lebih memahami pemakaiannya yang akhirnya diharapkan perangkat lunak tersebut dapat benar-benar efektif dan maksimal dalam pemakaiannya.

Lisensi / Perijinan


Masalah perijinan dan license ini sangat penting dalam sistem kepemilikan dimana pelanggan selamanya terkait dengan suatu lisensi yang biasanya juga terkait dengan masalah portabilitas. Vendor sistem yang bersangkutan lebih mementingkan keuntungan semata. Dapat dipastikan mereka akan terus menghadapi masalah pembajakan yang merajalela produk-produk mereka.
Tentu saja pelanggan sistem kepemilikan ini akan melanggar hukum apabila mereka menginstall perangkat lunak melebihi jumlah yang diperbolehkan dalam lisensi mereka. Pembajakan ini biasanya disebabkan karena adanya ketergantungan terhadap sistem berpemilik dan situasi dimana mereka tidak mampu membayar lisensi yang mahal, tetapi mereka harus tetap bekerja dan menggunakan perangkat lunak tersebut.

Dengan sistem open source, lisensi bukanlah masalah. Bagaimana mungkin? Karena perangkat lunak open source dan sistem operasi yang berlisensi memiliki perbedaan dalam hal distribusinya. Banyak perangkat lunak open source dan sistem operasi ini didistribusikan di bawah GNU Public License, yang berbeda dari lisensi kepemilikan tradisional. GNU Public License memberikan Anda sebagai pelanggan jauh lebih banyak kebebasan dan fleksibilitas dalam cara anda menginstal, menyalin, dan menggunakan produk. Karena banyak perangkat lunak open source yang gratis maka anda bisa memiliki banyak salinan seperti yang anda inginkan!
Perlu saya tambahkan kalau upgrade untuk sistem berpemilik terkadang hampir sama mahalnya dengan pembelian awal! 

Resiko Kerusakan yang Kecil 

Karena sistem open source lebih stabil, maka secara otomatis uptime-nya jauh lebih besar daripada sistem berpemilik. Open source juga tahan dari situasi seperti sistem crash atau hang yang menyebabkan kinerja anda menjadi terganggu. Kalau boleh disimpulkan jumlah crash dari sistem open source ini tidak sesering yang dialami di sistem berpemilik. Waktu uptime yang lebih tinggi berarti juga mempertinggi produktifitas. Hal ini disebabkan karena anda tidak perlu membuang waktu berharga anda hanya untuk memperbaiki sistem yang crash ataupun recovery dokumen anda dan troubleshooting lainnya.

Sudah teruji 

Jangan pernah kuatir dengan kehandalan sistem open source karena sistem open source telah dicoba dan diuji oleh instansi pemerintah, universitas, dan lembaga-lembaga ilmiah. Saat ini sudah mulai terjadi peningkatan terhadap jumlah perusahaan yang bermigrasi ke platform open source dengan dasar kehandalan dan security.



Kompatibilitas yang Tinggi 

Banyak vendor sistem berpemilik berhenti mendukung beberapa versi lama produk mereka, karena mereka lebih konsentrasi dalam menjual upgrade dan produk-produk  barunya. Bagi banyak organisasi, aplikasi warisan harus tetap ada karena berbagai alasan. Seringkali, pemilik bisnis akan berpikir dua kali mengenai hal upgrade, karena untuk meng-upgrade aplikasi maka sistem operasi, perangkat keras, atau keduanya (sistem operasi + perangkat kerasnya) juga harus diupgrade.

Sistem operasi open source seringkali dapat berjalan di komputer lama yang mungkin terlalu lambat bagi perangkat lunak atau sistem operasi berpemilik. Open source lebih mengutamakan kompatibilitas 

SISTEM OPEN SOURCE = 100X LEBIH AMAN [Lebih Aman Dari Virus Dan Hacking]



Open source adalah pilihan bagi organisasi yang memperhatikan masalah keselamatan dan keamanan data mereka. Sebagian besar virus, worm, dan hacking melalui browser internet tidak berdampak pada sistem open source. Mengapa? Karena mereka semua mentarget serangan-serangan tersebut pada sistem Microsoft ™.

Hal ini berlawanan dengan intuisi, tapi benar, bahwa sistem di mana setiap orang dapat mengakses source codenya akan lebih aman dibanding sistem yang menyembunyikan/tertutup source codenya. Keamanan sistem open source tidak tergantung pada menyembunyikan cacat atau kelemahan. Sistem open source dirancang sedemikian rupa sehingga sistem tetap aman meskipun anda mengetahui source codenya. Di sisi lain, karena ketidakjelasan sistem tertutup ini memungkinkan kelemahan yang sebelumnya tidak diketahui, dapat ditemukan dan dieksploitasi sebelum vendor atau masyarakat sadar. Biasanya yang mengeksploitasi kelemahan-kelemahan ini adalah para hacker dengan rasa keingintahuan yang besar. Dan mereka bangga bisa meng-hack atau menemukan kelemahan-kelemahan dari sistem tersebut. Anda mungkin belum sadar penuh kalau komputer anda sudah terinfeksi virus. Anda baru menyadarinya setelah anda mulai kehilangan dokumen anda atau sistem anda berjalan tidak semestinya.

Perangkat lunak open source dibuat atas saran dan masukan pengguna yang memang dikhususkan untuk membantu mengerti apa yang benar-benar diinginkan masyarakat.
Dalam Filosofi open source dapat ditemukan kata “terbuka”. Terbuka adalah lawan dari tertutup, atau kepemilikan. Tertutup adalah cara melakukan bisnis untuk menahan pengetahuan orang lain, yang ditujukan untuk keuntungan. Di pasar, keuntungan ini hanya berlangsung selama anda dapat mencegah rahasia anda bocor keluar.

Terbuka dalam cara melakukan bisnis adalah demokratisasi dan bebas mendistribusikan pengetahuan untuk membantu orang lain daripada mengeksploitasi mereka. Di pasar, hal ini dapat menciptakan peluang dan hubungan sinergis. Gerakan open source adalah suatu gerakan perubahan dalam cara kita memahami, membuat, menggunakan, dan mendistribusikan suatu produk yang dalamhal ini adalah perangkat lunak.

Himbauan 

Penggunaan open source bukan hanya membuat anda mengeluarkan uang lebih sedikit atau bahkan tidak mengeluarkan uang sama sekali, tetapi lebih pada kualitas yang anda dapatkan. Anda mungkin belum terlalu terbiasa pada sistem open source ini. Anda lebih terbiasa pada sistem berpemilik. Tapi coba lihat berbagai kelemahan dari sistem berpemilik dan banyak kelebihan dari sistem open source. Perubahan ini dimulai dari anda sendiri. Jangan menjadikan pembajakan perangkat lunak sebagai satu-satunya alat anda untuk lebih produktif. Masih banyak perangkat lunak open source yang memiliki kualitas sama atau bahkan lebih dari perangkat lunak berpemilik.

Ingatlah pepatah “Jika anda tak kenal, maka tak sayang”. Cobalah anda mengganti sebagian dulu apabila anda belum terbiasa, dan perhatikan kalau anda akan mulai menyukainya dan akan terus melakukan migrasi ke open source. Jangan langgar hukum dan jangan tutup kebebasan anda dalam berkarya. Selamat datang di dunia open source! 
Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009. 

Tidak ada komentar: